Selasa, 06 November 2012

sakit pinggul

Gambaran Ikhtisar

Osteoartritis pinggul (OA) adalah bentuk umum dari osteoartritis. Ini mempengaruhi sendi pinggul  sama halnya seperti lutut. Sendi pinggul merupakan sendi yang menghubungkan tulang pelvik, atau pelvis ke tulang paha (femur).


Penyebab

OA pada pinggul dapat disebabkan oleh cedera pinggul terdahulu. Perubahan letak pinggul seperti setelah keretakan dalam sendi pinggul atau pada tulang sekelilingnya, dapat mengakibatkan distribusi berat yang tidak seimbang melalui sendi pinggul. Ini pada akhirnya mempercepat ‘pakai dan rusak’ pada sendi.

Beberapa orang lahir dengan bentuk sendi pinggul abnormal. Ini dikenal sebagai perkembangan dislapsia pinggul (DDH). Kasus DDH akut biasanya dideteksi sejak lahir atau pada awal kehidupan, tetapi bentuk DDH menengah hanya mengakibatkan ketidaknyamanan setelah dewasa.

Nekrosis Avaskular (AVN) adalah penyebab lain degenerasi sendi pinggul. Pada kondisi ini, kepala tulang paha (bagian bola femur, atau tulang paha) kehilangan porsi penting asupan darahnya dan mulai mati. Kepala tulang paha yang mati tidak dapat menahan tekanan besar yang ditransmisikan melalui sendi pinggul saat aktivitas normal seperti jalan kaki, naik tangga dan secara meningkat cacat. AVN dihubungkan dengan alkohol, keretkan dan dislokasi pinggul, serta perawatan steroid jangka panjang untuk penyakit lainnya. Pada beberapa kasus, tidak ditemukan penyebab. Kasus awal AVN biasanyadapat didiagnosa menggunakan MRI sendi pinggul.

Pada banyak kasus OA pinggul, bagaimanapun, tidak ditemukan penyebab pasti. Dalam kasus ini, degenerasi sendi pinggul mungkin berhubungan dengan umur dan ‘pakai dan rusak’.


Gejala

Gejala paling umum adalah nyeri ketika beban diletakkan pada pinggul yang terkena, seperti saat jalan kaki atau bahkan duduk dalam waktu lama. Nyeri ini umumnya terasa pada selangkang atau pantat, atau kadang bagian depan paha.

Anda mungkin timpang, sabagai cara tubuh mengurangi jumlah tekanan pada pinggul yang harus menahan. Pinggul Anda juga mungkin terasa kaku, dan ini akan mengakibatkan kesulitan pada aktivitas tertentu seperti bangun dan berdiri dari kursi rendah atau mobil, atau ketika menggunakan toilet.

Anda juga mungkin mengalami kesulitan melalui rintangan yang rendah di tanah. Pada akhirnya, seiring dengn bertambah parahnya kondisi, nyeri mungkin terasa setiap saat dan bahkan membuat Anda terbangun malam hari.


Diagnosis

Diagnosa OA pinggul dimulai dengan sejarah lengkap dan pemeriksaan fisik oleh dokter Anda. X-ray akan diperlukan untuk menentukan sejauh mana kerusakan sendi dan juga membantu dokter menemukan penyebabnya.

Tes lainnya yang mungkin diperlukan jika ada alas an untuk percaya bahwa ada kondisi lain mengakibatkan proses degenerasi. Gambar Resonansi Magnetik (MRI) mungkin diperlukan untuk menentukan apakah kondisi pinggul merupakan akibat dengan AVN. Tes darah juga mungkin diperlukan untuk menentukan bentuk lain dari artritis atau infeksi pinggul.


Pilihan Pengobatan

Perawatan Non Operasi

OA Pinggul tidak dapat disembuhkan, tetapi terapi tersedia untuk menghilangkan ketidaknyamanan dan untuk mengatasi degenerasi sendi.

Dokter Anda dapat meresep obat-obatan untuk membantu mengendlikn nyeri. Terapi fisik juga berperan penting dalam manajemen OA pinggul non operasi. Tujuan utamanya adalah untuk membantu Anda belajar mengontrol gejala dan memaksimalkan fungsi pinggul Anda. Anda akan belajar cara menghilangkan nyeri dan gejala, yang mungkin termasuk kegunaan istirahat, pijat dan terapi panas. Tongkat atau kerangka jalan diperlukan untuk mengurangi tekanan pada pinggul ketika berjalan. Berbagai gerakan dan latihan peregangan dapat digunakan untuk meningkatkan pergerakan pinggul. Anda akan ditunjukkan latihan penguatan pinggul untuk menstabilkan sendi dan melingdunginya dari cedera lebih lanjut. Terapis Anda akan merekomendasikan tips untuk melakukan pekerjaan dengan yang ketegangan sendi lebih kecil.
Operasi

Pada kasus akut dan ketika perawatan non operasi tidak efektif, perawatan operasi OA mungkin cocok.
Artroskopi (‘Bedah Lubang Kunci’)

Ahli bedah dapat menggunakan artroskopi untuk melihat bagian dalam sendi pinggul untuk mengecek kondisi. Antroskopi merupakan miniatur kamera televisi dimasukkan dalam sendi melalui sayatan kecil. Selama prosedur, ahli bedah Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk membebaskan Anda dari nyeri. Salah satu metode melibatkan pembersihan sendi dengan menghilangkan bagian tulang rawan yang lepas, dan metode lainnya melibatkan penghilangan jaringan yang menggangu sendi pinggul.

Prosedur ini kadangkala berguna untuk menghilangkan gejala sementara, dan berguna untuk OA pinggul dini.
Penggantian Pinggul Buatan

Penggantian pinggul buatan adalah solusi terakhir untuk OA pinggul akut. Ini merupakan perawatan definitive untuk OA pinggul akut, dan sangat aman dan efektif. Dengan kecanggihan pinggul buatan serta perkembangan teknik operasi, penggantian pinggul dapat dilakukan baik pada pasien usia muda maupun tua, dan seringkali diharapkan bertahan seumur hidup pasien. Prosedur terkini seperti peratakan kembali permukaan pinggul, berpotensi untuk ditawarkan fungsi lebih baik pada pasien muda dengan gaya hidup yang sangat memerlukan fisik, baik dalam bekerja maupun bermain.

Namun, walaupun dengan penggantian pinggul total konvensional, sebagian besar pasien dapat kembali ke gaya hidup normal dalam waktu 2 hingga 3 bulan setelah operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar